Diskusi dan Nonton Bareng Film Lentera Maya Tangerang

Kang Jumadi Doel 93 ~ Relawan TIK Tangerang Raya, komunitas IT-Studying dan Diskominfo Kota Tangerang, gelar nonton bareng film Lentera Maya, di Rumah Makan Pondok Selera 1 Kota Tangerang, Sabtu, (25/2/17).

Film Lentera maya merupakan film dokumenter produksi ICT Watch yang didukung oleh Sekretariat Jenderal Aplikasi Informatika Kemenetrian Kominfo. Tujuannya untuk memberikan edukasi pada masyarakat tentang fenomena pengguna internet. karena dengan film masyarakat akan lebih mudah memahami

Nonton bareng dihadiri Sekretaris Dirjen Aptika Dra. Mariam F. Barata dari Kemkominfo RI, Sekretaris Dinas Samsul Bahri dari Diskominfo kota Tangerang, Mas Indriyatno Bayumurti perwakilan dari ICT Watch selaku Purna Ketua Umum Relawan TIK Indonesia, Soskom Mas Avif perwakilan dari Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), Sejumlah warga dan komunitas-komunitas kemasyarakatan dan Komunitas lainnya.

Film dokumenter ini bercerita tentang betapa pentingnya mengembangkan Literasi Digital terutama bagi generasi muda yang kini sangat mudah menerima informasi melalui gadget yang mereka pakai sehari-hari. Berbagai segi dari kehidupan digital masyarakat Indonesia dikisahkan melalui film yang berdurasi selamaa 40 menit ini yang pada intinya adalah bagaimana informasi bisa mengalir begitu cepat serta bagaimana menghadapinya dengan kecerdasan tertentu sehingga bisa menyikapi informasi tersebut dengan baik.

Menurut Jumadi selaku Ketua Umum Pengurus Cabang Relawan TIK Tangerang Raya mengatakan sebagai salah satu peran kita dalam pemberdayaan masyarakat informatif kita harus siap.

“Kami ingin setelah diadakannya film ini jadi bijak dalam bersosial media dengan baik dan lebih mengutamakan berpikir sebelum share karena di zaman sekarang sosial media menjadi tolak ukur dalam kehidupan sehari hari,” ucapnya.

fauyhi salah seorang penggiat komunitas Teknologi informasi mengatakan, agak susah juga untuk mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam acara ini.

“Alhamduillah, ini berkat kerja bareng dari beberapa komunitas dan penggiat yang ada di Kota Tangerang acara ini dapat berjalan dengan lancar, ” ucapnya.

Sementara Dra. Mariam F. Barata menyampaikan, ketika menerima informasi agar melakukan kroscek terlebih dahulu tentang kebenarannya, dan ketika kita melakukan share diharapkan kita share informasi yang bermanfaat.

“Jangan sampai jempolmu lebih cepat dari pada otakmu karena otak harus berfikir dahulu marulah jempol yang bergerak, ” pesannya.

Samsul Bahri dari Diskominfo mengatakan, perkembangan teknologi informasi begitu cepat, bahkan dalam pembangunan masalah sosial.

“Setiap Informasi dapat menjadi masalah, maka dari itu kita harus bijak menyikapinya” pungkasnya. (hari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *